Peran Pemuda dalam Retorika Pembanguan Kaltim


Peran Pemuda dalam Retorika Pembanguan Kaltim


Pemuda merupakan pilar suatu bangsa, yang artinya penerus suatu bangsa. Pemuda bertanggung jawab membangun suatu bangsa dalam bentuk apapun, salah satunya pembangunan suatu daerah. Peran peunda sangat penting dalam membangun suatu daerah termasuk daerah Kaltim.
Keberhasihalan suatu daerah dapat dilihat melalui kualitas masyarakat begitu juga dengan daerah Kaltim. Didalam masyarakat terdapat pemuda memeiliki peran penting dalam perubahan-perubahan sosial lingkungan, khususnya mahasiswa. Oleh sebab itu mahasiswa sering disebut agent of change (agen perubahan).
Pembangunan di daerah kaltim termasuk kurang tepat, yang menyebabkan sebagian besar masayarakat dirugikan. Sudah seharusnya pemerintah lebih terbuka untuk mendengar aspirasi dari pemuda untuk pembangunan suatu daerah. Dan begitu juga dengan pemuda membangun kaltim tidak hanya dengan orasi turun ke jalan tampa memberikian solusi yang baik dan dapat diterima hanya bergantung pada pemerintah. pemuda dapat memerikan aspirasi dan solusi melalui sebuah tulisan yang dikirim ke pemerintahan. Dan begitu juga dengan pemerintah mau mendengar suara pemuda yang telah di tuangkan dalam bentuk tulisan untuk pembangunan kaltim.  Turun ke jalan juga tidak masalah bila aspirasi yang kita lakukakan tidak dengar dan diabaikan.
Agar hal tersebut terjadi perlu kesadaran pemuda termasuk kita untuk lebih pengertian terhadap pembangunan Kaltim. Seperti dapat memulai dengan mencari pengetahuan dalam berbagai hal seperti mecapai pendidikin semampu mungkin. Karena dengan pendidikan dapat menciptakan sumber daya manusia yang ahli di bidangnya.
Yang mana pembangunan lebih cepat daripada perencanaan sehingga pembangunan sering berhenti ditengah jalan dan malah menambah masalah daerah termasuk pembanguanan infrastruktur, perijinan pembanuanan di kaasan aliran air yang dapat meenyebabakan banjir dan masalah lingkungan lainnyanya. Hal tersebut lah yang dialami dalam pembangunan Kaltim.
Dan sebaiknya kita tidak hanya berperkir ekonomi saja tetapi juga ekologi yang mana ekonomi hanya jangka pendek dan ekologi jangka panjang. Menyisahkan untuk keturunan selanjutnya juga merupakan kewajiban kita. Membangun didaerah kawasan yang memang layak untuk dibangun sehingga tidak merusak linkungan. Serta pembangunan di kaltim lebih di samaratakan terutama dibidang transportasi. Karena bidang transportasi mempengaruhi bidang lainnya untuk keluar masuknya suatu sumber daya.
Solusi
1.      Menjadi pemuda yang berguna untuk bangsa.
2.      Pemuda sebaiknya sadar kita yang membawa kemajuan suatu daerah. Daerah itu dibawa keterperukan atau keberhasilan.
3.      Dan pemuda turut berpartisipasi dalam pembangunann aerah tidak hanya menunggu kinerja pemerintah.
4.      Meningkatkan kesadaran kita dalam pembangunan daerah, seperti menjadi entrepreneurship. Baik economic entrepreneurship maupun social entrepreneurship.
Kesimpulan :
Pemuda yang mampu atau berperan dalam pembangunan suatu daerah adalah pemuda yang bertanggung jawab terhadap daerahnya sebagai penerus pemerintahan di masa yang akan datang.

 


Komentar