Proyeksi Pertumbuhan Kalimantan Timur 2018


Dilansir dari Tibun Kaltim.co, Samarinda pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Timur tahun 2018 diproyeksikan berada pada Kisaran 2,5 – 2,9 persen yang dimana lebih rendah pada tahun sebelumnya yaitu pada tahun 2017 diproyeksikan 3,0 – 3,4 persen. Menurut Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Timur Muhammad Nur “kondisi di kaltim mengalami peningkatan dari tahun 2015-2018 walaupun peningkatannya tidak terlalu drastis fakto pendorong dari pertumbuhan ini adalah sumbangsih ekspor dari sektor pertambangan dan migas yang menjadi penopang utama.
     Diantara kota-kota lain Sangatta masih mendominasi pertambangan daripada kota yang lain. Sedangkan di Samarinda sendiri sedang memproyeksikan pembangunan Transmart berlokasi di depan Plaza Mulia dan Samarinda merencanakan pembuatan bandara baru dengan terget penumpang 10juta penumpang dengan menghabiskan biaya 148 triliun yang hanya bersifat domestik saja dan sudah digunakan pada awal juli yang lalu.
    Kabupaten Kutai Kertanegara merupakan penyumbang dana terbesar bagi negara karena didaerah kutai kartanegara berpenghasilan besar, namun pendapatan daerahnya sedikit karena terjadi pembagian pajak. Infrastruktur di kaltim juga kecil karena yang dimiliki negara lebih kecil daripada yang dimiliki swasta. Edukasi masyarakat dalam mengembangkan kelapa sawit agar lebih bernilai guna dan tidak dikirim keluar dalam bentuk mentahan untuk mengurangi pengangguran musiman dan merusak lahan.
    Untuk meningkatkan proyeksi Kalimantan Timur baru saja memulai ekonomi kreatif yang dimana dengan memberi dukungan terhadap UMKM disekitar tempat2 terkecil di Samarinda ataupun luar Samarinda, adanya sektor pariwisata juga akan membantu meningkatkan perekonomian di Kalimantan Timur. Namun untuk menjalani ini harus didukung oleh pemerintah dan keinginan dari masyarakat itu sendiri. Contoh : Oleh-oleh dari daerah disekitar kaltim seperti amplang dan gammi salah satu contoh untuk menggerakkan kegiatan umkm dan bisa membantu masyakarat dari daerah lain untuk menerapkan umkm yang lain dan pemerintah dalam mengurangi resiko pengangguran.

Komentar