Decacorn! Yuk, intip tentang keberhasilan industry startup di Indonesia




Decacorn di Industri Startup



     Industry startup merupakan perusahaan yang belum lama berkembang dalam beroperasi dan sedang mencari pasar yang tepat. Di Indonesia memiliki 2.041 startup yang berhubungan dengan teknologi dan digital. Terdapat tingkatan dari istilah startup yaitu Unicorn, Decacorn dan Hectocorn. 
     Perusahaan yang bertahap Decacorn di Asia Tenggara yaitu Perusahaan Gojek. Dalam tahap ini perusahaan gojek mengetahui apa yang dibutuhkan oleh masyarakat, karena kemanfaatannya mendapat kepercayaan dari berbagai kalangan, termasuk kaum millennial. Usaha yang berkembang di antara kaum millennial adalah online shop. Online shop pribadi bukan termasuk startup, namun mereka akan bekerja sama dengan perusahaan yang bersangkutan misalnya, bekerja sama dengan gojek dalam system pengantarannya.
 Dalam tahap decacorn, yang membedakannya dengan tingkatan lain adalah valuasi nilai ekonomis dari suatu bisnis. Untuk perusahaan decacorn valuasinya sebesar USD 10 miliar, pencapaian ini 10x lipat dari unicorn, sedangkan hectocorn memiliki valuasi USD 100 dollar seperti Apple dan Goole. Perusahaan grab yang menuju ke decacorn dengan berkonsistensi inovasi dan kreatifitas dalam pasar dapat melebar di beberapa Negara, sehingga untuk mempermudah dan menarik keuntungan bagi pengguna ditawarkan layanan system go pay.
   Grab yang masuk kedalam tahap decacorn sudah merupakan pencapaian yang luar biasa karena di posisi tersebut perusahaan mendapat suntikan dana dari para investor. Para investor sudah memperkirakan keuntungan yang akan terjadi jika nantinya grab memasuki tahap hectocorn. Hal seperti ini membutuhkan peningkatan sumber daya manusia dan bantuan oleh pemerintah serta dukungan dari investor dalam dan luar negeri untuk meningkatkan potensi tersebut. Adanya investor dalam dan luar negeri memerlukan keseimbangan diantara keduanya agar investor luar negeri tidak dominan dinegara kita. Perusahaan yang memiliki penghasilan di atas 300 juta memiliki kewajiban pajak kepada Negara. Hal ini dilakukan agar persaingan diantara perusahaan menjadi lebih baik dengan ikut serta dalam menambah cadangan devisa Negara.


Kunjungi Kami di
Instagram: @lkpe_unmul
Twiter: @lkpe_unmul
Line: @htb7991v
Youtube: LKPE FEB UNMUL
Facebook: Lkpe Feb Unmul
Email: feblkpeunmul@gmail.com

Salam Intelektual, Muda, Berkarya

Komentar