Yuk, Buat Esai Kalian Berkualitas!


Langkah – langkah serta Tips dan Trik Membuat Esai yang Berkualitas

 

Kata esai pasti sering kali kalian dengar, apalagi kalau kalian adalah seorang pelajar atau mahasiswa. Esai bisa menjadi hal yang penting nih pasti. Mengapa? karena bisa jadi esai menjadi tuntutan tugas, bagian untuk seleksi beasiswa atau universitas dan juga bagi kalian yang ingin mengikuti kompetisi.
Tapi sayangnya tidak semua orang tau apa itu esai dan bagaimana cara membuat esai yang baik dan benar. Sehingga seringkali ada keinginan untuk membuat esai tetapi masih bingung harus memulainya darimana, bahkan ada yang sudah mulai menulis tapi esai yang dibuat malah terkesan asal- asalan. Berikut ini penjelasan dan langkah- langkah serta tips dan trik dalam menulis esai.
Kata “Essay” berasal dari bahasa Prancis, essai artinya mencoba atau berusaha (A try or attempt). Esai adalah sebuah upaya mengkomunikasikan informasi, opini atau perasaan dan biasanya menyajikan argument tentang sebuah topik. Atau dengan kata lain esai merupakan suatu jenis tulisan yang menjelaskan pendapat penulis mengenai suatu topik.

Langkah – langkah dalam Menulis Esai 

1.      Pilihlah Topik yang Menarik Minatmu
Langkah pertama dalam menulis esai adalah menentukan topik. Topik disini akan menjadi hal- hal yang akan di bahas dalam esai atau suatu persoalan yang melatarbelakangi dalam penulisan esaimu. Dan sebaiknya topik yang di pilih merupakan suatu persoalan yang menrik minat mu, karena dengan begitu kamu dapat lebih bersemangat dalam  meneliti dan menyelesaikan esai. Tips dalam mencari topik dengan mudah adalah dengan mencoba peka terhadap isu- isu social yang sedang terjadi.

2.      Melakukan Riset
Melakukan riset mendalam mengenai topik yang telah kamu pilih. Riset sangat penting untuk dilakukan, karena dengan bagitu akan dapat membantumu menemukan fakta mengenai topik yang telah kamu pilih sebelumnya. Kamu dapat melakukan penelitian dengan memanfaatkan buku- buku yang ada diperpustakaan dan juga internet. Ambilah pandangan umum yang memiliki dasar untuk membantu opinimu sehingga para pembaca dapat sependapat dengan mu.

3.      Buatlah Tulisan Sempurna dengan Merancang Ide yang Terorganisir
Langkah selanjutnya adalah merancang semua ide yang telah ada menjadi sebuah tulisan yang sempurna. Dan dalam menuliskan ide mu gukananlah bahasa yang mudah dimengerti oleh pembaca dan menggunakan kaidah penulisan yang baik dan benar. 

Struktur Esai

Introduction
Di sini kamu dapat menggambarkan topik yang akan kamu angkat dalam esai mu. Latar belakang dari pendapat  penulis tentang topik yang ada dalam esai. Introduction merupakan pengantar bagi pembaca untuk dapat meahami topik yang akan dibahas sehingga pembaca dapat dengan mudah memahami isi dari esaimu.

Body
Merupakan bagian inti dari esai, yang mana disini berisi penjabaran mengenai topik yang di angkat oleh penulis. Topik akan di jelaskan dengan rinci mengenai argument penulis yang disertai dengan sejumlah data dan fakta yang akurat. Buatlah opini mu dengan jelas dan meyakinkan sehingga pembaca dapat berpikiran sama dengan mu.

Conclusion
Ini merupakan bagaian akhir dari esai, pada bagian ini berisi kesimpulan atau ringkasan dari apa yang telah kamu tulis sebelumnya. Kesimpulan yang kamu buat hendaklah sikat, padat dan jelas serta tidak melebar.

Proofread
Hal ini perlu untuk kamu lakaukan, membaca ulang esai yang telah selai kamu buat dapat membantu mu menemukan kesalahan dalam esaimu seperti, kesalahan dalam penulisan, tata bahasa dst.

Tips and Trik dalam Menulis Esai
1.      Buat bagian pembuka yang menarik
Ingat first impression is important. Hindari menggunakan kata ”esai ini akan menjelaskan mengenai…” atau ”Didalam esai ini akan dibahas…” buatlah kalimat pembuka yang dapat menggugah minat pembaca untuk terus membaca tulisan mu.
2.      Tambahkan kata transisi yang dibutuhkan.
3.      Pakai rujukan yang terpercaya.
Tanpa data esai mu akan diragukan dan hindarilah menggunakan data yang bersumber dari blogspot
4.      Hindari mengulang kalimat yang sama
Karena kalimat berulang menunjukan penulis miskin kosakata. Untuk itu perbanyaklah membaca untuk memperluas penegetahuan serta menambah kosa kata.
Kesimpulan
Esai merupakan suatu jenis tulisan yang menjelaskan pendapat penulis mengenai suatu topik. Langkah langkah dalam menulis esai dapat dimulai dengan pemilihan topik, melakukan riset mendalam mengenai topik yang ingin di teliti, kemudian membuat tulisan sempurna dengan merancang ide yang terorganisir dengan baik. Dan dengan menikuti struktur serta tips dan trik di atas diharapkan dapat membantu untuk menghasilkan esai yang bukan hanya baik dan menarik tetapi juga berkualitas. 


Kunjungi Kami di
Instagram: @lkpe_unmul
Twiter: @lkpe_unmul
Line: @htb7991v
Youtube: LKPE FEB UNMUL
Facebook: Lkpe Feb Unmul

Salam Intelektual, Muda, Berkarya

Komentar