IMAGE & BRANDING

Personality

Personal Image adalah bagaimana kamu tampil ke hadapan publik secara visual. Hal ini berkaitan dengan rupa, gaya berpakaian, cara bicara, gesture tubuh, dan sebagainya.

Personal Branding Sedangkan, personal branding merupakan jati diri atau persona atau karakter yang ingin kamu tunjukkan dari dirimu sendiri. Saat biacara soal branding maka kamu akan menunjukkan kamu orang yang berkepribadian seperti apa, apa kelebihan dan skill yang kamu miliki.

Brand

Sebelum memperbaiki brand dari personamu, kamu harus sudah punya gambaran brand seperti apa yang ingin kamu presentasikan dari dirimu. Apakah kamu ingin jadi karakter tegas dan bijaksana, atau seniman tanpa nama?

1. Skill

Saat kamu ingin "menjual" diri / brand kamu, kamu harus tau apa sih kemampuan khusus yang kamu miliki. Buat list skill kamu kokdan jangan lupa untuk meng-highlight skill milikmu yang sesuai dengan kebutuhan orang yang menjadi targetmu.

2. Quirk

Kamu harus sadar dengan keunikan kamu dan menemukan "bagian mana sih dari diriku yang bisa aku jual?" Yang aku maksud disini adalah seperti kepribadian kamu, apakah kamu orangnya introvert, ramah, atau tidak suka berbicara. Ini juga termasuk apakah kamu orang yang inovatif, inisiatif ataupun hal-hal lainnya.

3. Adaptation

Kemampuan adaptasi dengan lingkungan baru juga harus jadi bagian branding kamu dan dapat kamu jual.

4. Team-Work

Kemampuan bekerja sama dengan patner paling menyebalkan sekalipun harus khatam yah~

5. Communication

Komunikasi dalam branding sangat penting. Jika untuk personal image speak lebih fokus pada bagaimana cara bicara, dalam personal branding kamu harus fokus bagaimana kamu bisa menyampaikan semua poin sebelumnya dan meyakinkan lawan bicaramu agar dapat langsung percaya bahwa brand / persona yang kamu tunjukkan di depan mereka itu adalah REAL.

6. Confidence

Be confident with what you can do and that you are the one they should choose

Image

Untuk membuat personal image kamu berkesan, kamu perlu mempersiapkan bagaimana penampilan kamu dan kesan apa yang ingin kamu dapat dari orang lain saat melihat penampilanmu!

Dan INGAT! Penampilanmu haruslah sesuai dengan brand yang kamu usung untuk menekankan realness karakter dirimu sendiri. Saat orang sudah dapat menebak brandmu dari penampilanmu maka tujuanmu telah tercapai 😊

1. Looks

Perhatikan pakaian yang kamu pakai, tidak harus semuanya baru ataupun mahal. Selama pakaianmu terlihat pantas, rapi, atau cantik dan orang yang menjadi targetmu tidak memiliki masalah dengan pakaianmu itu sudah cukup. Jangan lupa untuk memoles wajah serta rambut 😉 Dan jangan karna kamu COWOK kamu jadi malu pakai make-up yah~ karna make-up boleh sangat mendukung penampilan kamu 

2. Speak

Komunikasi yang baik adalah poin penting untuk mendukung penampilan. Cara bicara yang baik dapat menimbulkan kesan berkelas, dewasa, ramah, ataupun kesan bertanggung jawab.

3. Gesture

Gesture tubuh yang baik bisa banget buat mendukung image kamu. Seperti gerakan tangan saat sedang berbicara, anggukan kepala sebagai respon dan sebagainya.

4. Confidence

Kepercayaan dapat kamu tunjukkan tidak dari hanya cara bicara, tapi juga saat melangkah dan posisi duduk. Duduk dengan tegap, melangkah dengan sigap dan terus menatap mata lawan bicara kamu bisa menunjukkan bahwa kamu tidak merasakan adanya pressure batin yang besar saat sedang "menjual" diri kamu.Kamu juga bisa menunjukkannya dengan senyuman, ataupun gerakan kecil seperti mengajukan berjabat tangan duluan sebelum lawan bicaramu dengan ringan dan sigap.

By Richardo Tri Maidani

Komentar